Berita Desa

Tingkatkan Efisiensi Petani, Pekaseh Demo Mesin Perontok Padi di Subak Semat

19 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 44 Kali
Tingkatkan Efisiensi Petani, Pekaseh Demo Mesin Perontok Padi di Subak Semat

MANGUPURA – Para Petani di Subak Semat, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung melakukan demo mesin perontok padi yang merupakan hasil bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Tahun Anggaran 2022 bertempat di area tani Subak Semat, Rabu (19/10).

Penyuluh Pertanian Desa Tibubeneng Nyoman Suasa menyampaikan terima kasihnya kepada pihak Pemerintah Kabupaten dan Provinsi sudah berupaya membantu petani yang mengalami kendala pada alat panen khususnya Power Threser.

Ia menjelaskan Subak Semat setelah mengalami alih fungsi lahan sebesar 5 hektar lebih, saat ini luasannya masih 70,77 hektar. Sedangkan untuk jumlah petani ada 128 dengan 17 munduk. Produktivitas panen diperkiran sekitar 65 kwintal untuk di Kuta Utara.

“Padi yang kita panen hari ini merupakan bantuan dari Pemerintah Desa Tibubeneng di tahun 2022 ini, kita dibantu benih 2 kali musim tanam,” terangnya.

Nyoman Suasa menambahkan dari 6 subak yang dibantu benihnya tersebut, yang belum panen hanya subak Dawas, sedangkan 5 subak lainnya sudah panen untuk penanaman yang pertama. Varietas yang dikembangkan adalah galur sentani dengan 2 subak yang diambil ada 78 dan 80.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image